Cara Memasang Kabel Jaringan UTP

Tutorial singkat ini cocok sekali buat Anda yang sedang membuat jaringan komputer ‘MURAH’ khususnya yang terdiri lebih dari dua client yang pake hub (jauh lebih murah daripada router ). To the point! Apa sih kabel UTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data.UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.

Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.

Setahu penulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden – made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45.


Foto RJ – 45 yang masih baru, belum di gencet pake tang

Satu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool”. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya. Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggung maka beli pula sebuah LAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.

OK sekarang peralatan udah siap, penulis mulai saja. Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?

OK! Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.

Kita bahas dulu yang tipe straight
Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannya begini (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan – lihat Gambar 4) : 2 oranye – 1 hijau – 2 biru – 1 hijau – 2 coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua dan seterusnya. Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.


Gambar 4

Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah yang penulis foto dari sebuah buku.


Yang kiri urutan korespondensi buat tipe straight, yang kanan yang cross

Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya trus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Andak tidak perlu repot harus melepaskan isolasi pada bagian ujung kabel, karena waktu Anda memasukan kabel itu ke konektor lalu ditekan (pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yang ada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agar penekannya (pressing) yang keras, soalnya kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya. Kalau sudah kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1 atau belum. Kalau ternyata sudah benar dan masih gagal, berarti memang Anda belum beruntung. Ulangi lagi sampai berhasil.


LAN TESTER – alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika benar maka led 1 sampai 8 berkedip.

Berikut adalah gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar):


urutan pin standar

Dan kalau yang ini tidak standar, coba perhatikan urutan warna pinnya, sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa, yang penting korespondensinya satu satu (khusus tipe straight):


urutan pin TIDAK standar

Tipe Cross
Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pasangnya. Kalau pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin 3 ujung yang lain, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2. Praktisnya begini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untuk yang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susun pinnya sesuai standar buat tipe “cross”.

Masih bingung? Begini cara mudahnya:

Ujung pertama:

1: orange putih
2: orange aja
3: ijo putih
4: biru aja
5: biru putih
6: ijo aja
7: coklat putih
8: coklat aja

Maka di ujung yang lain harus dibuat begini:

1: ijo putih
2: ijo aja
3: orange putih
4: biru putih
5: biru aja
6: orange aja
7: coklat putih
8: coklat aja

Sudah agak lebih mengerti? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 yang ditukar. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyalasemua setiap led dari nomor 1 sampai 8.

OK, selamat membangun jaringan komputer. Semoga Anda bisa berhasil sewaktu memasang konektor pada kabelnya. Semoga ilmu ini berguna buat Anda, soalnya waktu dulu penulis pertama kali membuat jaringan hasilnya lucu sekali, untuk mengupas kabelnya penulis masih menggunakan cutter, padahal sudah ada fasilitasnya di crimp toolnya. Tambah lagi ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakan cutter, padahal yang betul tidak perlu dikupas satu-satu, biarkan saja rata, karena nantinya apabila di ‘crimp tool’ maka pin tersebut masing-masing akan tembus ke dalam kabelnya. Semoga Anda tidak melakukan hal sama seperti penulis dulu.

Demikian tulisan mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga berguna bagi Anda semua…

Sumber : Sony AK Knowledge Center dengan alamat di www.sony-ak.com

About these ads

42 Responses to Cara Memasang Kabel Jaringan UTP

  1. maspur says:

    bole bgt….

  2. FADIL says:

    leh knal & leh serring kan?
    klo boleh email na…..
    slm knal tkj jepara

  3. maspur says:

    mo kenalan? bole bgt!
    klo mo sharing ttg knowledge jg bole
    lewat milis TKJ UM http://groups.yahoo.com/group/tkj_um/
    Salam jg dari saya TKJ’2007 Universitas Negeri Malang.

  4. mba says:

    Kenapa pada penulisan urutan warna kabel menggunakan kata “muda”, padahal pada kabel yang sering ditemui kan warnanya Hijau, Hijau Putih, Oranye, Oranye putih dst?

    Aku agak bingung, Tapi mungkin bagi teman-teman lain ini sudah mengerti..

  5. maspur says:

    mba suhita atau mas nanang yang ganteng, ga usah bingung kalimatnya udah diganti sesuai dgn yg sampean inginkan OK!

  6. nirwan nasri says:

    baguuuus! bgt nih ok lam knl untuk knowledgeny th u

  7. indrasn says:

    salam kenal ..

    boleh tanya tentang cabling tipe A, B? gimana yah?
    makasih sebelumnya…

  8. [...] Cara Memasang Kabel Jaringan UTP [...]

  9. micha9 says:

    salam,,,
    dari michael tkj makassar

  10. tiwi says:

    mba / maz..tiwi mau tanya..kenapa sich urutan kabel lurus yang

    1 putih orange
    2 orange
    3 putih hijau
    4 biru
    5 putih biru
    6 hijau
    7 putih coklat
    8 coklat

    kenapa urutannya mesti begitu??
    trus kalo boleh tanya..tu urutan kabel lurus tipe apa???

    terimakasih…

    please bales secepatya ke e-mail saya…

    terimakasih lagiii…!!!

    • Mentary,,, says:

      iZin Jawb Ea….
      Ea rhuz Bgitu,coZ udh ktentuahn’x,Kalo msal”x msang kabl”x smau qt,bsa jaln sich tPi klo msalnya da jaringan yg msuk dri luar,, gG bisa terditeksi,,,,,,Maka”x smw Hrus sma biar bisa nyambung dgn yang lain”x,,,,,

      Ntu urutn tpe Straigt……..
      Mkasih,,,,Mf low aD yang slah pnjelasan”x…..

    • biar jaringan teratur
      trus kabelnya RJ45
      munkin juga karena aku juga baru 2 praktekin

    • maspur says:

      karena urutan ini mengikuti standar OSI, tentang “pemsangan kabel utp sesuai standart OSi” silakan di googling mbak

  11. tiwi says:

    tolong balezz secepatnya ya mzzz…
    soalnya bentar lagi tiwi mau uji kompetensi..!!!

  12. Setiyo says:

    Aku sudah mencoba yang dari pc ke pc langsung tapi kok ada tulisan yang menyatakan Unplug gitu. itu apanya ya

  13. mufi says:

    bahasa y mudah di pahami….
    dan penjelasannya ngga berbelit-belit

  14. bono says:

    bagaimana cara mencari kode IP??????

    • maspur says:

      klo di windows Start > Run > ketik cmd
      di promp situ ketik : ipconfig atau config /all ;trus enter, klo command line linux tinggal ketik ifconfig

  15. wulan purnamasari says:

    mmph
    good

  16. feto says:

    wah artikel yang yang bagus untuk saya belajar memasang jaringan UTP…^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau arikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa…

  17. denny bjm says:

    salm knal ya mas…….

    by : deni tkj bjm

  18. Faiz says:

    Makasih bauanyak bwt artikelnya…
    smoga bermanfaat bt aq dan yang lainnya yang membutuhkannya..
    alangkah Bagusnya kalo ada gambarnya..

  19. shinawa says:

    gan..

    gmn kabar jaringna kita di padang cuy,.,.

  20. Saya baru belajar tentang komputer, terima kasih postingan anda berguna untuk saya.

  21. sya pgen tahu nie gimana urutan warna kabel LAN?
    makasih yah.

  22. hanskuo says:

    Sesuai judul.. mau jual Kabel UTP CAT 5e merk FIRST LINK
    “Daripada beli merk lain yang murah tapi tidak tahu kualitas nya, lebi baik pakai FIRST LINK saja.. Harga Murah, Produk Berkualitas, Bahan FULL ALUMINIUM, dan jacket cover terbuat dari karet yang TEBAL dan TIDAK MUDAH SOBEK (Ga percaya? Datang, Lihat dan Buktikan!).. Kualitas dan mutu terjamin! Koneksi DIJAMIN 100% BAGUS (Sudah diuji coba 120 METER Konek dari PC ke PC alias Peer to Peer Masi CONNECTED dan BISA TRANSFER DATA”

  23. hanskuo says:

    Sesuai judul.. mau jual Kabel UTP CAT 5e merk FIRST LINK
    “Daripada beli merk lain yang murah tapi tidak tahu kualitas nya, lebi baik pakai FIRST LINK saja.. Harga Murah, Produk Berkualitas, Bahan FULL ALUMINIUM, dan jacket cover terbuat dari karet yang TEBAL dan TIDAK MUDAH SOBEK (Ga percaya? Datang, Lihat dan Buktikan!).. Kualitas dan mutu terjamin! Koneksi DIJAMIN 100% BAGUS (Sudah diuji coba 120 METER Konek dari PC ke PC alias Peer to Peer Masi CONNECTED dan BISA TRANSFER DATA”

    http://indonetwork.co.id/ptmetroglobal/2302664/firstlink-cable

  24. Trey says:

    terima kasih atas tutornya

  25. mantap baguz,,,,
    tapi kenapa ya sllu ada yang terputus eror…

  26. arhes says:

    apa bedanmya kabel straigh-cross sama cross-over mas???

  27. dhitYD says:

    mantep banget bro,, yang awam jd bisa, yg udah bisa jadi guru

  28. agripa says:

    gara2 ini kelompok kami berhasil

  29. agripa says:

    gara2 ini kelompok kami berhasil nice nice nice

  30. thank’s kk =))

    fery fery fery nice kk

    salam:kelompok 6 ( VIII-3 STOSA)

  31. yogano says:

    yihaaaa berhasil

  32. jaket kulit says:

    jaket kulit…

    [...]Cara Memasang Kabel Jaringan UTP « T K J[...]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: